Dimanakah Level Kepemimpinan Anda?

leadershipAnda tentu pernah mendengar ungkapan “Setiap orang adalah Pemimpin, dan setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya”.

Yaa…. betul sekali Anda adalah pemimpin, minimal buat diri Anda sendiri. Lalu apa yang Anda pikirkan tentang kepemimpinan? Ada yang menyebutkan kepemimpinan adalah pengaruh, berbagi visi, mengelola tim, atau seni mempengaruhi.

Apapun pengertian Anda tentang kepemimpinan, pernahkah Anda menyadari pada level mana kepemimpinan Anda.

John C. Maxwell seorang pakar kepemimpinan menyebutkan ada 5 tingkat kepemimpinan (5 Level Leadership).

Kita lihat 5 tingkat kepemimpinan tersebut :

  1. Jabatan – Hak (Self Leadership – Position)
  2. Perkenanan – Hubungan (People Leadership)
  3. Produktifitas – Hasil (Production Leadership)
  4. Mengembangkan Orang Lain – Reproduksi (Duplication)
  5. Puncak (Respect)

Jabatan – Hak (Self Leadership – Position)

Kata kuncinya pada level ini adalah, “orang lain mengikuti karena keharusan”

Ini adalah level terendah dalam kepemimpinan dan merupakan tingkat awal. Pengaruh dimiliki karena berdasarkan jabatan, artinya ada keharusan.

Jika seorang atasan Anda mengatakan, “saya ini boss kamu lho…..,” itu artinya pemimpin Anda tersebut masih pada level posisi saja. Kalau Anda gimana?

Perkenanan – Hubungan (People Leadership)

Pada level ini, kata kuncinya adalah “Kepemimpinan berdasarkan pada hubungan dengan orang lain”.

Orang lain mengikuti Anda karena mereka menginginkan, Anda menyukai dan memperlakukan orang lain seakan-akan bernilai dan mengembangkan pengaruh dengan modal hubungan baik tersebut.

Anda bisa menyukai orang lain tanpa memimpin mereka, namun Anda tidak bisa memimpin mereka jika Anda tidak menyukai mereka.

Produktifitas – Hasil (Production Leadership)

Anda sudah ada di level 2? Dan biasanya Anda terlena dengan level 2 ini, karena Anda anggap hubungan baik itu segalanya dalam kepemimpinan. Tapi Anda harus ingat, kehadiran Anda dalam tim Anda adalah untuk mencapai hasil, target ataupun goal yang tim Anda tetapkan.

Jadi kata kunci pada level ini adalah HASIL. Pada tingkat ini, pemimpin memperoleh pengaruh dan kepercayaan karena produktifitas Anda sebagai seorang pemimpin. Berapa dan apa kontribusi Anda pada tim Anda.

 Mengembangkan Orang Lain – Reproduksi (Duplication)

Para pemimpin menjadi besar dan berpengaruh bukan karena kekuasaan mereka, tetapi karena kemampuan untuk memberdayakan orang lain. Mereka menggunakan jabatan, relasi dan produktifitas untuk mengembangkan mereka.

Tentu Anda pernah mendengar kata “Leader Creates Leaders” kan? Ya kata kuncinya adalah reproduksi, atau duplikasi.

Puncak (Respect)

Ini adalah tingkatan tertinggi dan cukup menantang untuk mencapai pada tingkatan PUNCAK ini. Mudah untuk mencapai tingkat 1 – 4, tapi butuh usaha, keahlian, dan perhatian yang lebih untuk mencapai level 5.

Biasanya hanya mereka yang memiliki bakat alamiah dalam memimpin yang bisa mencapai pada tingkat 5 ini. Waktu, komitmen dan dedikasi yang luar biasa dibutuhkan sekali…

Juga jam terbang Anda pada bisnis dan profesi Anda membuktikan kualitas kepemimpinan Anda. Dari sanalah reputasi positif bisa Anda dapatkan……

Semoga Bermanfaat…

Anjas

Prigen – Pasuruan, 13 Mei 2014

Posted on 13 May 2014, in Artikel, SDM and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment